Menyesuaikan Rencana Atas Investasi Anda

with No Comments

Untuk seorang investor sejati, mengetahui kekuatan dan kelemahan anda – serta berapa banyak waktu dan usaha yang anda bersedia untuk berkomitmen didalamnya guna menentukan arah investasimu – akan menempatkan anda dalam posisi terbaik untuk berhasil. Artikel ini akan membahas cara terbaik untuk menguraikan pemahaman yang sering menakutkan dan mengalokasikan investasi anda.

  • Membuat analisis

Tempat terbaik untuk memulai perjalanan apapun adalah dengan mengetahui dimana saat ini anda sedang berdiri. Secara umum, semakin muda usia anda maka anda semakin bersedia untuk mengambil resiko. Hal tersebut tidak penting pada poin ini untuk mencurahkan atau menempatkan dana 100% ke dalam investasi. Jika anda mengambil bagian dalam beberapa rekening dana pensiun, seperti 401(k) atau rekening pensiun perorangan (IRA), anda dapat beristirahat dengan tenang saat mengetahui bahwa anda telah berada di jalan yang benar menuju masa pensiun yang sehat. Bagi para investor dibawah usia 35 tahun, untuk berusaha sedikit cerdas tentang investasi anda dan ini adalah perbaikan atas mayoritas orang tua seusia anda.

Waktu horizon anda atau berapa lama sebelum anda perlu menyentuh uang, berjalan beriringan dengan usia anda. Jika waktu horizon anda adalah 25 tahun atau lebih, anda dapat mempertimbangkan diri di dekat puncak profil resiko investasi. Ini tidak berarti bahwa anda harus mengambil resiko yang ceroboh, melainkan bahwa anda dapat berpartisipasi penuh dalam pasar ekuitas yang harus anda pertimbangkan. Saat tingkat pengembalian pasar saham, pada hakikatnya lebih stabil daripada kelas aset lainnya, pertimbangkanlah bahwa tidak ada periode yang diukur di pasar saham AS lebih dari 25 tahun dimana sesuatu telah menerima tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibandingkan saham.

Ukurlah tingkat pengetahuan investasi anda dengan menanyakan beberapa pertanyaan sederhana kepada pada diri sendiri. (Hal ini tidak dimaksudkan untuk menjadi latihan penting, tetapi hanya menjadi satu tujuan). Pernahkan anda melakukan analisa fundamental secara menyeluruh atas saham sebelum anda membelinya? Apakah anda memahami dasar-dasar alokasi aset dan diversifikasinya? Apakah anda memahami sifat dari produk berpendapatan tetap?

Jika anda tidak bisa menjawab “YA” dengan pasti atas pertanyaan tersebut, akan lebih baik anda membuat alokasi aset secara keseluruhan sejalan dengan usia anda dan dari sana nantinya investasi dalam beberapa dana yang sudah dikelola siap untuk dimulai.

  • Mengetahui apa yang anda miliki

Menyadari dimana anda berada adalah sama pentingnya dengan menyadari apa yang anda miliki. Mulailah dengan laporan terbaru dari setiap investasi atau rencana yang anda miliki dan tentukan berapa persen saham yang anda miliki dibandingkan dengan obligasi dan uang tunai. Selanjutnya, pertimbangkan berapa banyak waktu yang ingin anda gunakan pada investasi pribadi anda. Tujuannya disini adalah untuk muncul dengan jumlah yang sebenarnya dalam hal jam setiap minggu. Semakin tinggi rasio saham individu untuk dana yang anda pegang, semakin besar komitmen waktu yang akan digunakan. Jika anda merasa bahwa anda dapat mencurahkan 4 sampai 5 jam setiap minggu untuk melakukan penelitian, anda dapat menuju ke arah yang memiliki beberapa saham individu dalam portofoliomu. Rasio atas seberapa banyak waktu yang harus anda sisihkan persaham adalah sosok relatif dan tergantung pada pengetahuan dan pengalaman, jadi bersiaplah jika angka ini berubah di sepanjang waktu.

  • Menilai sumber informasi anda

Anda tidak perlu berlangganan layanan data yang mahal untuk menemukan data yang anda butuhkan guna melakukan analisis saham. Anda dapat menemukan informasi publik yang tersedia dengan mudah menggunakan sumber internet gratis – laporan pendapatan, siaran pers, pengajuan dari Securities and Exchange Commission (SEC), laporan keseimbangan dan arus kas, dan semua poin data lain yang anda perlukan didalam analisis anda. Temukan beberapa situs terpercaya yang memiliki informasi dalam format yang anda suka dan membuat link melalui browser web sehingga anda dapat mengaksesnya secara tepat waktu. Setiap situs terkemuka akan memberitahu anda dimana data yang berasal dari satu sumber dan seberapa sering ia sedang diperbaharui, sehingga anda dapat yakin bahwa informasi yang saat ini anda miliki sangat akurat.

Ada puluhan ribu di luar sana yang dapat dipilih, sehingga anda harus mengatur pedoman minimum untuk merampingkan uji tuntasnya. Meminimumkan kapitalisasi pasar adalah cara mudah untuk menyaring dunia saham menjadi bagian yang dapat anda tinjau lebih lengkap. Banyak pemeriksa saham gratis yang dapat melakukan tugas ini untuk anda.

  • Menggambar strategi

Ada banyak keuntungan untuk menciptakan alokasi aset dasar dengan reksa dana atau bursa dana yang diperdagangkan (ETF). Hal ini dapat mengambil banyak tekanan dari anda. Dengan investasi ini, anda tidak harus memilih setiap kepemilikan dalam portofolio anda. Pertimbangkanlah bidang pasar apa yang paling anda minati, apakah itu merupakan sektor/industri tertentu atau kelas aset, dan dapatkan pengalaman saat mengelola portofolio anda secara langsung. Carilah indeks pasar umum seperti S&P 500 dan tinjaulah kerusakan sektor. Hal ini akan menjadi sesuatu yang bijaksana untuk tidak menyimpang terlalu banyak dari bobot sektor ini dalam portofolio anda sendiri. Jika anda memiliki 60% dari uang anda di saham teknologi saat mereka hanya mewakili 15% dari S&P, anda memiliki – alokasi sumber daya – yang membahayakan, bahkan bagi investor yang terampil sekalipun.

  • Menilai ulang dan mengatur strategi anda

Pilih jadwal untuk menilai kemajuan anda. Hal ini tidak begitu banyak tentang melihat bagaimana tingkat pengembalianmu menumpuk di beberapa patokan karena itu, inilah kesempatan untuk meninjau alokasi aset anda secara keseluruhan dan kemauan belajarmu. Jika rasio anda dari saham ke obligasi telah berubah secara signifikan, anda ingin membawanya kembali ke dalam keseimbangan. Saat meninjau kepemilikan saham individum lihat fundamental lebih dalam lagi untuk memastikan tidak ada yang berubah secara signifikan. Jika anda merasakan hal-hal diatas dan ingin meningkatkan persentase kepemilikan yang anda kelola langsung, anda dapat melakukannya dengan mengetahui bahwa anda akan mengalokasikan kembali dengan serius dan cermat. Dan juga, pahamilah bahwa ini berarti komitmen jangka waktu anda akan meningkat.

  • Mencari sukacita didalam perjalanan tersebut

Memahami bahwa anda akan selalu belajar, dan ini harus menjadi tujuan dari setiap investor individu. Ada banyak hal yang bisa dipelajari, dan tabel waktu selama 6 bulan atau 1 tahun tidak akan mendapatkan pekerjaan yang dilakoni. Ini adalah masa untuk mengingat pepatah lama, “Ini adalah perjalanan, bukan tujuan yang terpenting”. Ini tidak akan lama sebelum anda menemukan diri anda membuat langkah besar dalam pemahaman anda tentang segala hal keuangan. Dan jika anda menemukan bahwa dirimu telah mencapai titik yang sudah anda rasakan nyaman dan tidak ingin mengambil terlalu jauh maka anda dapat bergerak untuk melakukan investasi lainnya. Anda harus mampu menangani reksa dana dengan keyakinan bahwa anda punya pemahaman tentang apa yang terjadi didalam portofolio anda. Waktu dapat anda gunakan untuk menghabiskannya ke dalam investasi, saham dan selalu membayar dividen yang besar serta kuat.